Jumat, 17 Juni 2011

pidato hari pahlawan


Assalamu’alaikum wr. wb

Salam sejahtera bagi kita semua.

Kepada yang terhormat bapak kepala sekolah dan bapak/ibu guru sekalian, serta teman-temanku sekalian.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke khadirat allah S.W.T yang telah memberikan kasempatan kepada kita untuk berkumpul pada hari ini dan berkat rahmatnya kita dapat memperingati hari pahlawan.
Hari pahlawan adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini marilah kita bersama-sama menengok kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan yang kita nikamati sekarang ini adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia. Mereka berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi. Mereka mempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa kita. Sungguh luar biasa! Mereka berjuang tanpa pamrih. Beruntunglah kita, pemerintah menetapkan tanggal 10 november sebagai hari pahlawan. Kita di beri kesempatan untuk mengenang jas-jasa para pahlawan bangsa.
Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup di bawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusha. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makanan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dah romusha.
Para hadirin, semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada tuhan karena kita dapat  menghirup udara kamerdekaan. Berkat para pejuanglah, Negara ini terbebas dari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdo’a agar arwah mereka diterima disisi tuhan.
Para hadirin sekalian, marilah kita pekikkan ”sekali merdeka tetap merdeka”. Semoga bangsa ini tetap di karuniai kemerdekaan dan persatuan. Kita semua selalu di bawah lindungan-nya. Amin.
Cukup sampai disini pidato dari saya. Apabila ada kata-kata yang salah, saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb