Kamis, 20 Januari 2011

contoh resensi


Mengaktifkan Otak Kanan
Sumber                        : RIGHT BRAIN Mengembangkan Kemampuan Otak Kanan Untuk Kehidupan yang Lebih Berkualitas.
Pengarang                               : AM Rukky Santoso
Penerbit                                  : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbitan           : 2006
Halaman                                 : 177 + xix halaman

Buku ini dituliskan untuk dibaca oleh umum, baik kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Lebih baik lagi jika para orang tua membaca buku ini dan mengajarkan kepada anaknya tentang latihan dan pengetahuan penggunaan otak kanan dalam kehidupan sehari-hari.
Buku yang terdiri atas limabelas bab ini berisi tentang : (1) mengubah pikiran-mengembangkan kemampuan otak kanan, (2) memahami otak dan pemancar pikiran, (3) tidak ada mi instant, (4) pemahaman dalam pose dan gerak, (5) obsesi dasar manusia, (6) obsesi kedua, (7) obsesi ketiga, (8) berpikir dengan otak kanan, (9) mendistribusikan energi, (10) masalah tanggung jawab, (11) chatting meditation, (12) keseimbangan, (13) pengembangan otak kanan dalam dunia bisnis, (14) kreativitas, (15) Brain Storm. Dalam buku ini ada beberapa Tanya jawab dan tanggapan. Dengan membaca buku ini, anak-anak, remaja, atau orang tua tidak hanya menggunakan otak kiri mereka untuk berpikir melainkan menggunakan otak kanan mereka juga.
Dalam buku ini, penulis menguraikan beberapa latihan yang dapat kita lakukan untuk mengaktifkan pengggunaan otak kanan. Jadi, kita tidak perlu pusing untuk mencari latihannya. Latihan yang ada tidak sulit dan dapat dilakukan oleh semua kalangan. Tidak hanya pelatihan saja, pemahaman tentang materi pun diuraikan dalam buku ini. Banyak manusia yang saat ini lebih banyak menggunakan otak kiri mereka, sehingga mereka menjadi manusia yang logis, matematis, rasional. Dalam melakukan sesuatu mereka butuh keterang yang jelas dan pasti.
Orang dewasa cocok untuk membaca buku ini. Tapi, sayangnya kata-kata yang digunakan dibuku ini lebih ilmiah dan dewasa. Jadi, bagi anak-anak yang membacanya sulit untuk dipahami. Pembahasan perbab yang diuraikan dibuku ini cukup detail. Namun, kedetailan itu membuat para pembaca cepat bosan karena terlalu banyak tulisan. Meskipun begitu, buku ini tetap cocok untuk dibaca. Diharapkan setelah membaca buku ini, kita dapat menggunakan kedua otak kita (kanan dan kiri) secara seimbang.